Pentingnya Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang

Pentingnya-Menjaga-Kesehatan-Sendi-dan-Tulang
Foto dari Canva

Selama ini, sebagian orang hanya memahami bahwa sendi merupakan penghubung antara dua tulang untuk memudahkan gerak setiap hari. Berdasarkan sifat gerakannya, sendi terbagi menjadi tiga yaitu sendi sinartrosis atau sendi mati, sendi amfiartrosis atau sendi kaku dan sendi gerak atau diartrosis. Sendi sinartrosis adalah sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali sehingga acap dianggap sebagai tulang, misalnya sendi yang ada pada bagian tengkorak atau sendi pada tulang belakang.

Fungsi dan Gangguan yang Acap Terjadi Pada Sendi Mati

Meskipun sinartrosis adalah sendi yang tidak memungkinkan adanya gerakan, tetapi Anda harus tahu manfaat dari sendi ini. Ya, sendi mati bisa memberikan perlindungan pada tulang, memberikan dukungan pada tulang untuk tumbuh dan memanjang pada anak hingga remaja yang alami pertumbuhan, dan membantu menopang tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus tetap menjaga kesehatan sendi dan tulang agar bisa melakukan aktivitas lebih produktif.

Bila tidak diperhatikan sejak usia muda, maka kesehatan sendi dan tulang bisa terganggu. Berikut beberapa penyakit yang sering mendera bagian sendi dan tulang dalam tubuh manusia yaitu :

1. Penyakit autoimun

Merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem imun dalam tubuh sehingga berdampak pada kerusakan tulang rawan, jaringan ikat dan peradangan. Bila tidak segera mendapatkan penanganan dari dokter, termasuk konsumsi obat-obatan sesuai resep, maka penyakit autoimun bisa menyebabkan tulang rawan Anda menjadi lebih lemah.

2. Inflamasi

Risiko penyakit yang bisa menyerang sendi dan tulang adalah inflamasi atau gangguan sendi yang ditandai dengan gejala merah, nyeri dan bengkak. Penyakit inflamasi sendi acap menyerang seseorang yang memiliki asam urat tinggi yaitu encok, kemudian penderita psoriasis menderita psoriasis arthritis dan penyakit crohn.

3. Infeksi

Bisa jadi Anda menderita rasa sakit pada bagian sendi karena terserang infeksi berupa arthritis atau Lyme arthritis yang disebabkan oleh gigitan kutu yang sudah terkontaminasi bakteri. Biasanya orang yang terkontaminasi infeksi bakteri ini akan mengalami gangguan ruam, kelelahan, meriang atau gejala mirip flu hingga mengalami risiko paling buruk berupa kerusakan jaringan.

4. Degeneratif

Gangguan kesehatan sendi bisa terjadi karena banyak hal, misalnya kecerobohan Anda sendiri. Keseleo atau dislokasi merupakan hal yang sering terjadi saat Anda melakukan aktivitas harian seperti naik tangga, terjatuh, memakai sandal terlalu tinggi, dan lain-lain. BIla mengalami pembengkakan pada bagian tertentu, Anda bisa melakukan penanganan dengan melakukan kompres air  es untuk mengatasi peradangan dan nyeri.

Selain itu, Anda juga harus tahu bawah usia yang semakin tua akan mengalami risiko degeneratif pada sendi dan tulang. Pada usia lanjut, kemampuan sendi dan tulang dalam melakukan aktivitas harian sudah semakin berkurang. Tidak heran bila para lansia acap mengalami masalah sendi yang terasa nyeri, bengkak, asam urat, kelelahan, dan lain-lain.

Pastikan Anda menerapkan pola hidup yang lebih sehat sejak usia muda untuk mencegah masalah kesehatan yang terjadi pada sendi dan tulang. Selalu lakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, kalsium dan vitamin D yang cukup, berhenti merokok dan minum alkohol, dan jaga berat badan yang ideal.

Tidak hanya bisa menjaga kesehatan sendi diartrosis yang membantu gerakan tulang setiap hari, pola hidup sehat juga baik untuk menjaga kesehatan sendi sinartrosis. Sinartrosis adalah sendi yang membantu dan mendukung tulang tumbuh lebih optimal sehingga perlu perhatian sejak usia muda pun. Menjaga kesehatan semua sendi dan tulang di tubuh Anda akan mendukung kehidupan yang lebih sehat dan produktif, bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.