Mengenal Ragam Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Mengenal-Ragam-Kopi-Asli-Indonesia-yang-Mendunia
Foto dari Canva

Ketika ditanya kopi dari negara mana yang terkenal di dunia, mungkin rata-rata jawabannya kopi dari negara-negara di Amerika Selatan. Tapi setelah dilihat lebih dekat, ternyata banyak sekali kopi Indonesia yang mendominasi deretan kopi dunia. Kira-kira kopi Indonesia apa saja yang unggul di mancanegara?

Kopi Lampung

Ibukota Sumatra Selatan ini menghasilkan kopi robusta yang terkenal hingga ke mancanegara, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara tetangga Malaysia. Kopi robusta Lampung memiliki tekstur yang halus dengan cita rasa sedikit asam, pahit, dan earthy. Biasanya, kopi ini dikonsumsi dalam bentuk espresso agar bisa mendapatkan rasa aslinya.

Kopi Kintamani

Bali tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata terbaik Indonesia. Kopi Kintamaninya juga terkenal dan diakui oleh dunia. Perkebunan kopi di dekat Gunung Batur ini rupanya telah dikenal sebagai penghasil biji kopi terbaik untuk jenis arabika. Hasil kopinya sendiri memiliki aroma dan citarasa seperti buah jeruk. Hal ini karena penanaman kopi Kintamani dilakukan secara tradisional tanpa proses kimiawi dan ditanam beriringan dengan pohon jeruk. Karena sistem penanamannya yang masih tradisional dan memperhatikan lingkungan, maka kopi Kintamani pun kini terkenal sebagai kopi ecofriendly.

Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo kerap memenangkan banyak kejuaraan kopi tingkat dunia. Pasalnya, kopi ini mempunyai cita rasa dan karakteristik yang cukup kuat. Untuk rasanya sendiri, kopi Gayo cenderung tidak begitu pahit dengan keasaman yang rendah dan sedikit hint rasa manis. Dari segi penanamannya, kopi Gayo mirip dengan kopi Kintamani, yaitu sama-sama ditanam secara organik untuk keberlangsungan lingkungan.

Kopi Toraja

Kopi Toraja terkenal sebagai kopi dengan harga yang cukup tinggi di Jepang. Apa yang membuat kopi Toraja begitu populer di sana? Kopi Toraja mempunyai karakteristik yang sangat khas, yaitu rasa yang tidak terlalu pahit dengan aroma fruity yang menyegarkan. Terdapat dua jenis kopi Toraja, yakni arabika dan robusta. Perbedaannya dari keduanya adalah jenis kopi robusta memiliki rasa lebih pahit dibanding kopi arabika. Pastinya, keduanya sama-sama enak dan memiliki harga jual yang bersaing.

Kopi Flores

Jika Anda seorang pecinta kopi sejati, pasti kenal dengan kopi Flores Bajawa. Kopi yang tumbuh pada dataran tinggi ini mempunyai keunikan pada rasanya. Saat Anda menyesapnya, rasa fruity akan langsung terasa di lidah. Sedangkan after tastenya memiliki sedikit aroma tembakau yang khas. Unik dan nikmat dalam satu tegukan.

Kini paham, kan, mengapa kopi Indonesia bisa dikenal luas hingga mancanegara. Tak heran, salah satu bagian dari wonderful Indonesia adalah kopi khas dari berbagai daerah ini. Keunikan dengan beragam karakteristiknya mampu menjadi unggulan di dunia. Semoga kopi Indonesia semakin populer terutama di negaranya sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.