Dokumen Pendukung Ekspor Komoditi ke Luar Negeri

  • Whatsapp
Dokumen-Pendukung-Ekspor-Komoditi-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Ada banyak orang Indonesia yang tinggal di luar negeri baik bekerja, tinggal sementara, liburan, atau belajar. Terkadang WNI yang ada di luar negeri membutuhkan kiriman barang dari keluarga atau membeli barang dari negeri sendiri. Selain itu, kebutuhan pengiriman paket ke luar negeri terus mengalami perkembangan seiring transaksi jual beli online kekinian. Kini bisnis online shop bisa lintas negara dengan biaya pengiriman terjangkau, misalnya ongkir ke Singapore hanya puluhan ribu rupiah per kilogram.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Kirim Paket ke Luar Negeri

Jika Anda pengusaha yang mulai merintis bisnis internasional, sebaiknya persiapkan dokumen pendukung ekspor komoditi ke luar negeri yaitu :

1. Invoice

Merupakan dokumen paling penting yang harus Anda persiapkan dengan elemen lengkap mulai tanggal dan nomor, nama barang, harga per unit, total, nama perusahaan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengetahui tiga jenis invoice ekspor sesuai fungsi yaitu performa invoice, commercial invoice dan consular invoice.

2. Lembar packing list

Yang berisi beberapa informasi penting terkait nama barang, spesifikasi, jumlah, dan sebagainya. Packing list bisa menjadi informasi berharga bila ada pemeriksaan langsung dengan isi kemasan tersebut.

3. B/L

Bill of Lading merupakan bukti pengiriman barang yang dikeluarkan oleh kapal setelah berangkat dari pelabuhan di Indonesia. Bisa juga dokumen Air Waybill bila paket dikirim via udara, ya!

4. Polis asuransi

Asuransi merupakan dokumen penting yang harus Anda persiapkan, apalagi pengiriman barang berharga ke luar negeri seperti perhiasan atau benda lain.

5. PEB

Pemberitahuan Ekspor Barang merupakan surat penting yang dilayangkan pihak Anda sebagai eksportir ke bagian Bea dan Cukai.

6. SI

Shipping Instruction berisi informasi pemberitahuan booking kontainer dari eksportir ke pihak ekspedisi. Ongkir ke Singapore atau negara tujuan lain harus Anda ketahui agar memberikan kemudahan dalam melakukan persiapan bisnis go internasional, ya!

7. Dokumen tambahan lain

Berisi Surat Keterangan Asal uang dikeluarkan Disperindag, COA yang berisi analisis produk ekspor, Sertifikat Fitosanitari  untuk ekspor ke negara lain berupa buah segar, rempah dan lainnya, Sertifikat Fumigasi, Keterangan Timbangan, dan masih banyak dokumen tambahan lain sesuai dengan prosedur yang berlaku atau menyesuaikan dengan permintaan dari pihak importir.

Ketahui berbagai dokumen penting yang harus Anda persiapkan bila berencana kirim barang ke luar negeri, khususnya ke Singapura atau tujuan negara lain. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan akan membantu proses ekspor barang lebih mudah, aman dan terpercaya.

Kini Anda bisa bekerja sama dengan pihak ekspedisi yang kredibel dalam mengurusi dokumen yang dibutuhkan sesuai ketentuan yang berlaku. Selain mengetahui ongkir ke Singapore atau negara tujuan ekspor lain, Anda harus menyiapkan lembar dokumen jauh hari. Dokumen yang lengkap bisa mendukung pengiriman barang ke tempat tujuan lebih cepat dan tepat sesuai durasi waktu ekspedisi luar negeri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *