6 Fakta Menarik tentang Bandung, Sudah Tahu?

  • Whatsapp
6-Fakta-Menarik-tentang-Bandung-Sudah-Tahu
Foto dari Canva Pro

Bandung, yang juga menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu kota terpopuler di Tanah Air, baik dari segi wisata, sejarah, hingga budayanya. Jadi, tak heran kalau Bandung banyak menarik minat para turis untuk berkunjung dan menginap selama berlibur. Terlebih Bandung memiliki banyak pilihan hotel untuk para turis, yang berkualitas dan juga terjangkau. Salah satunya adalah Metro Indah Bandung hotel.

Agar Anda lebih mengenal Bandung, yuk simak dulu 6 fakta menarik tentang kota berjuluk Paris van Java dan rumah bagi salah satu tim sepak bola terbaik di Indonesia ini! Baca daftarnya di bawah ini, ya!

1. Kota Kembang

Salah satu julukan Bandung yang paling populer adalah Kota Kembang. Nama ini juga tidak begitu saja muncul karena tentu ada sejarahnya. Pada catatan sejarah, Bandung sering disebut sebagai sebuah wilayah dengan panorama menarik di mana berbagai tanaman tumbuh subur, termasuk tanaman bunga.

2. Paris van Java

Julukan Kota Kembang untuk Bandung sangat berkaitan dengan julukan lainnya, yaitu Paris van Java. Nama yang satu ini diperoleh sejak zaman penjajahan pemerintah kolonial Belanda. Pasalnya, pemandangan alami Bandung yang cantik dianggap sama dengan pemandangan yang ada di Paris, ibu kota Prancis dan merupakan kiblat fashion dunia.

3. Persib

Bagi Anda penggemar sepakbola, tentu nama Persib sudah sangat familier, kan? Persib adalah singkatan Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung, alias klub bola nasional yang berkandang di Bandung. Klub ini didirikan pada tahun 1930 dan masih menjadi salah satu klub dengan basis suporter terbesar di Indonesia. Persib sendiri juga punya julukan Maung Bandung.

4. Konferensi Bandung

Bandung tak hanya terkenal akan keindahan alamnya, tapi juga sejarahnya. Bahkan, Bandung merupakan salah satu kota paling bersejarah di Indonesia dan menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia. Salah satunya adalah Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955, di mana Gerakan Non Blok terbentuk di tengah Perang Dingin antara AS dan Rusia pada masa itu.

5. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha adalah salah satu observatorium tertua di Indonesia dan berlokasi di Bandung. Tempat ini didirikan oleh NISV di pada masa pemerintahan kolonial Belanda dan sekarang berada di bawah pengelolaan ITB. Jika Anda berminat di bidang astronomi atau sekadar suka menikmati pemandangan berbagai benda angkasa, kunjungan ke Bosscha jelas jangan sampai dilewatkan.

6. Arsitektur kuno

Hingga saat ini, Anda masih bisa temukan banyak bangunan kuno yang berdiri sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Contohnya Gedung Sate, yang sekarang berfungsi sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat. Selain itu, Anda juga bisa kunjungi Jalan Braga untuk mengagumi bangunan-bangunan kuno di sana, berfoto-foto, atau sekadar nongkrong sambil ngopi.

Tentu saja, Bandung masih menyimpan lebih banyak keunikan yang siap untuk Anda jelajahi. Hmm, jadi semakin tak sabar ingin segera berlibur ke sana, ya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *